Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SMK Wachid Sidotopo Wetan Surabaya

Authors

  • Bhuana Nasution Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Sholeh Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka di SMK Wachid Hasyim Sidotopo Wetan Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan dua variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Teknik Proportional Random Sampling digunakan dengan populasi 62 dan sampel 54. Pengumpulan data dilakukan melalui angket kuisioner (Google Form), dan analisis data meliputi asumsi klasik dan regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa data memenuhi asumsi klasik untuk dianalisis menggunakan parametrik, hubungan yang sangat kuat dan positif antara kepemimpinan transformasional dan kinerja guru (R = 0,943, R Square = 0,890). Menunjukkan bahwa 89,0% variasi dalam kinerja guru dijelaskan oleh kepemimpinan transformasional. Analisis ANOVA menunjukkan pengaruh yang signifikan dari kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru.

Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Kinerja guru, Kurikulum Merdeka, Kepala Sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-12

Issue

Section

Articles
Abstract views: 41 , PDF Downloads: 71